Jum’at, (25/08) – diadakan pelatihan pemadaman kebakaran yang bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran kota Surabaya di Departemen Teknik Mesin FTI-ITS. Pelatihan ini turut diikuti oleh dosen, karyawan serta mahasiswa Departemen Teknik Mesin FTI-ITS. Kewaspadaan terhadap bencana di Departemen Teknik Mesin FTI-ITS perlu dilaksanakan agar pada saat bencana terjadi, civitas akademika Teknik Mesin mampu mencegah dan mengatasi kerugian hingga seminimal mungkin. Ilmu tentang pemadaman kebakaran pada saat ini memang belum masuk dalam kurikulum perkuliahan. Namun, tentunya hal ini tidak dapat dianggap remeh karena bencana dapat melanda kapan saja dan dimana saja. Pelatihan ini bertujuan agar pihak Departemen Teknik Mesin FTI-ITS selalu siap menghadapi bencana kebakaran dan dapat memberikan pencegahan seoptimal mungkin.

Pelatihan ini dilakukan dengan dua sesi yaitu sesi teori serta sesi simulasi. Pada sesi teori, banyak pengetahuan yang didapatkan dan dapat diterapkan di tempat kerja dan juga di rumah. Seperti cara menghadapi kebakaran , mulai dari upaya pemadaman sendiri, cara memanggil Dinas Kebakaran Kota, serta sikap dan tindakan yang harus tetap tenang dan tidak panik saat terjadi kebakaran. Saat evakuasi jika terjadi bencana maka setiap orang harus tenang, kemudian menuju ke tempat aman yang disebut Titik Kumpul. Lebih mendahulukan keselamatan nyawa dibandingkan harta benda, sebisa mungkin membantu orang lain mejauhi lokasi bencana, tidak membuat panik, tidak memasuki lokasi berbahaya, dan selalu mengikuti intruksi dari petugas. Semua itu bertujuan untuk meminimalkan kerugian dan korban yang lebih besar.

Setelah sesi teori selesai, para peserta juga diajak untuk melakukan simulasi praktek pemadaman kebakaran. Terlihat antusiasme dari para peserta pada pelatihan sore hari ini, para peserta diajak ke lapangan parkir Departemen Teknik Mesin FTI-ITS. Dalam simulasi ini, peserta diberi pengetahuan tentang APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dari cara membawa APAR dan menggunakan APAR. Para peserta sangat antusias untuk belajar tentang cara menggunakan APAR, dimulai dari menarik pin, memegang dan mengarahkan ujung selang (nozzle) ke api, dan tekan tuas APAR sambil membuat gerakan menyapu untuk memadamkan api. APAR yang digunakan menggunakan media bubuk (powder), CO2, dan Hallon yang disesuaikan dengan kelas kebakaran.

Harapan dari pelaksanaan pelatihan pemadaman kebakaran yang diselenggarakan ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman tentang pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran. Selain itu juga agar Departemen Teknik Mesin FTI-ITS mampu untuk menanggulangi dan mencegah terjadinya korban serta kerugian yang lebih besar. (kez/atr)

 

Share Now