Program Pendidikan Magister (S2) dan Doktor (S3)

Pengantar

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mulai diijinkan menyelenggarakan pendidikan magister secara mandiri sejak tahun 1993/1994. Setelah melalui perjalanan panjang dalam pengelolaan pendidikan magister dan doktor, saat ini (Tahun Akademik 2011/2012) Program Pascasarjana ITS menyelenggarakan sebelas (11) Program Doktor dan enam belas (16) Program Magister.

Pilihan Program Studi

Fakultas Teknologi Industri (FTI) Teknik Mesin :

  • Untuk Program Magister (S2) Bidang Keahlian:
  1. Sistem Manufaktur
  2. Rekayasa Konversi Energi
  3. Desain Sistem Mekanikal
  • Untuk Program Doktor (S3) Bidang Keahlian:
  1. Rekayasa Konversi Energi
  2. Rekayasa Perancangan dan Manufaktur

Jangka Waktu Belajar (S2)
Sesuai dengan kurikulum baru tahun 2009-2014, Program Magister mempunyai beban studi 36 (tiga puluh enam) sks setelah menyelesaikan Program Sarjana yang sebidang dan dijadwalkan dalam 4 (empat) semester.

Kegiatan akademik mencakup : mengikuti perkuliahan, mengulang pelajaran, melakukan kegiatan di laboratorium/studio, studi kepustakaan, berperan serta secara aktif dalam diskusi dan seminar, memperkaya ilmu dan melakukan penelitian, serta mengikuti proses evaluasi studi/ujian.

Penyelenggaraan Pendidikan (S3)
Pada dasarnya bagian pokok dari pendidikan doktor adalah kegiatan penelitian, yang memberikan sumbangan baru bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Pendidikan program doktor diawali dengan kegiatan perkuliahan, dan dilanjutkan dengan ujian kualifikasi sebelum penelitian untuk disertasi dilakukan.

  1. Beban studi program doktor untuk peserta program doktor (PPD) dari lulusan program Magister yang sebidang adalah 40 sks yang dijadwalkan dalam 6 semester dengan lama studi maksimal 10 semester. Dari jumlah beban tersebut, minimal 12 sks (minor) diantaranya adalah perkuliahan yang dirancang selesai dalam waktu 2 semester dan minimal 28 sks adalah disertasi.
  2. Beban studi untuk PPD dari lulusan program Magister yang tidak sebidang adalah 52 sks yang dijadwalkan dalam 7 semester dengan lama studi maksimal 11 semester. Dari jumlah beban tersebut, minimal 24 sks (12 sks minor, 12 sks (major) diantaranya adalah perkuliahan yang dirancang dalam 3 semester, dan minimal 28 sks adalah disertasi.
  3. Beban studi untuk PPD dari lulusan program sarjana yang sebidang adalah 76 sks yang dijadwalkan dalam 8 semester dengan lama studi maksimal 12 semester. Dari jumlah sks tersebut, minimal 48 sks (12 sks minor, 36 sks major) adalah kegiatan perkuliahan, yang dirancang selesai dalam waktu 5 semester, dan minimal 28 sks adalah disertasi.

Gelar Kesarjanaan
Setelah mahasiswa menyelesaikan perkuliahan, kegiatan akademik yang lain (mis: kegiatan laboratorium) dan tesis, akan mendapat gelar kesarjanaan Magister Teknik (MT) untuk Program Magister (S2) bidang studi Teknik selain Teknik Informatika dan Arsitektur. Dan untuk Program Doktor (S3) akan mendapat gelar kesarjanaan Doktor (Dr).

BPPs (Beasiswa Pendidikan Pascasarjana) untuk S3 dan S3

Beasiswa ini dipergunakan bagi staf pengajar tetap perguruan tinggi negeri maupun swasta yang berstatus pegawai negeri (memiliki NIP), maupun dosen tetap yayasan yang mempunyai jabatan akademik minimal 100. Beasiswa ini meliputi biaya pendidikan, bantuan biaya hidup, biaya penelitian dan bantuan pembelian buku/fotocopy. Permohonan beasiswa diajukan dengan mengisi formulir yang telah disediakan dan harus ditanda tangani oleh Rektor Perguruan Tinggi asal/tempat bekerja. Khusus dosen tetap yayasan, formulir tesebut harus direkomendasi oleh Kopertis Wilayah asal Perguruan Tinggi pelamar.

 

Persyaratan Peserta

  1. Peserta program terbuka bagi calon yang memiliki latar belakang sarjana Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta dengan program studi yang terakreditasi minimal B, atau perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B.
  2. Mempunyai kemampuan akademik yang baik dan atau mempunyai IP minimal 2,75 untuk skala 0 – 4.
  3. Mendapatkan rekomendasi dari :
  • Pimpinan instansi bagi yang sudah bekerja.
  • Mantan pembimbing akademik program sarjana.
  • Dosen senior, Guru Besar Doktor atau Master dengan Jabatan lektor Kepala.
  • Tulis: Materi Bidang dan
  • Wawancara untuk pendidikan S2.
  1. Menyatakan kesanggupan menyelesaikan pendidikan magister di Program Pascasarjana ITS.
  2. Menyerahkan hasil test TPA dan TOEFL dari Institusi kredibel atau mendapat pengesahan dari ITS dengan nilai minimal 400.
  3. Lulus seleksi masuk/test masuk:

Tata Cara dan Biaya Pendaftaran

  1. Pendaftaran Program Magister/S2 dilaksanakan secara online melalui website ITS: http://smits.its.ac.id dan mengirimkan dokumen penunjang dengan tata cara:
  • Membayar biaya pendaftaran secara langsung di Teller seluruh Bank BNI, dengan menyebutkan dihadapan teller tentang pembayaran biaya pendaftaran program pascasarjana ITS:

 

Program Biaya
Magister (S2) Rp. 400.000,-
Doktor (S3) Rp. 500.000,-
  • Mendapatkan bukti pembayaran dari Bank BNI yang di dalamnya terdapat PIN (Personal Identification Number) sepanjang 16 karakter dan Kode Akses Pendaftaran (KAP) sepanjang 8 karakter untuk keperluan pendaftaran online.
  • Yang harus disiapkan sebelum melakukan pendaftaran online: File pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6 cm berformat JPEG atau PNG dengan ukuran maksimum 500 KB.

 

  1. Pendaftar harus mengirimkan semua dokumen penunjang (langsung maupun melalui jasa kurir) mulai tanggal :

 

Untuk pemohon beasiswa BPPS : 1 Maret s.d. 27 April 2012
Untuk peserta biaya sendiri/instansi : 1 Maret s.d. 25 Mei 2012
  1. Kepada:

Direktur Program Pascasarjana

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Kampus ITS Sukolilo

Surabaya, 60111

 

  1. Test TOEFL dan TPA

Diselenggarakan secara rutin sepanjang tahun, dengan rincian jadwal sebagai berikut:

1.    TOEFL
Diselenggarakan di UPT Pusat Bahasa ITS setiap hari Selasa pukul 10.45 WIB, Jumat pukul 18.30, dan hari Sabtu pukul 09.00 WIB.

Sertifikat TOEFL yang diakui selain di ITS adalah :

  • IBT/Internet Based TOEFL (Next Generation TOEFL).
  • ITP/Institutional Testing Program.
  • Sertifikat TOEFL dari Perguruan Tinggi Negeri sebagai berikut: Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Institut Teknologi Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Padjajaran, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gajah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Sebelas Maret, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Sumatera Utara, Universitas Andalas, Universitas Hasanuddin.

2.    TPA
Diselenggarakan di UPMB ITS setiap hari Jumat, dengan pilihan jadwal test pukul 08.00 WIB dan pukul 13.00 WIB. Sertifikat TPA yang diakui selain di ITS adalah TPA OTO BAPPENAS.

 Jadwal Penting

Pendaftaran Online pemohon BPPS 1 Maret – 27 April 2012
Pendaftaran Online non BPPS 1 Maret – 25 Mei 2012
Ujian masuk pemohon BPPS 8 Mei 2012
Ujian masuk non BPPS 12 Juni 2012
Pengumuman hasil ujian 6 Juli 2012
Kuliah penyegaran 23 Juli – 16 Agustus 2012
Pendaftaran ulang mahasiswa baru Sesuai kalender akademik ITS