Kepala Laboratorium

Prof. Dr. Ing. I Made Londen Batan, ME.

Anggota Laboratorium :

No. Nama Anggota
1  Arif Wahjudi, ST., MT., PhD.
2

 

Perancangan dan Pengembangan Produk

Perancangan dan Pengembangan Produk 01

Perancangan&PengembanganProduk02

Perancangan dan Pengembangan Produk 02

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

VISI, MISI DAN TUJUAN
Laboratorium Perancangan dan Pengembangan Produk (disingkat Lab. P-3) memiliki Visi, Misi, dan Tujuan sebagai berikut:

Visi
Menjadi pusat pembelajaran dan penelitian unggulan dalam bidang Perancangan dan Pengembangan Produk yang mampu mendukung perkembangan industri.

Misi
Laboratorium Perancangan dan Pengembangan Produk memiliki 3 misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan Pendidikan yang berkualitas
  2. Melakukan penelitian untuk mengembangkan produk dan produk industri lainnya.
  3. Menjadi media pembelajaran bagi pihak internal dan eksternal melalui pengajaran pelatihan dan penelitian

Tujuan

  1. Menghasilkan rancangan produk yang berkualitas dan ekonomis
  2. Membantu dan mendukung Jurusan Teknik Mesin dalam pengembangan rumpun mata kuliah (RMK) dan sebagai pusat penelitian di bidang Perancangan dan Pengembangan Produk
  3. Membangun jejaring dengan cara berperan aktif dalam pengembangan & kerjasama dengan industri
  4. Menyediakan pendidikan, pendampingan, konsultasi, pelatihan dan transfer teknologi bagi organisasi eksternal atau masyarakat

FASILITAS
a. Software

  • CATIA Versi 5
    • Autodesk Molfflow 2012
    • MatLab

b. Measurement Instrument

  • Goniometer Set – Alat Ukur untuk Antropometri Manusia
    • Heart Rate – Alat Ukur Kebutuhan Kalori Tubuh Manusia
    • Trade Mill
    • Electrocardiograph – ECG
    • High Speed Camera

3. Kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi
A.   Pengajaran dan Praktikum
1. Pengajaran – Mata Kuliah:

  • Strata 1 (S1 – Sarjana): Menggambar Mesin, Pengukuran Teknik, Perencanaan Eksperimen, Mould Design, Tool Design, Perancangan dan Pengembangan Produk, Simulasi Sistem Dinamis
  • Strata 2 (S2 – Magister): Desain Produk, FMEA dan Risiko Keteknikan, Statistik dan Perencanaan Eksperimen
  • Strata 3 (S3- Doktor): Rekayasa Perancangan dan Manufaktur

2. Praktikum dan Simulasi:
a. Praktikum Pengukuran Teknik (Pengukuran Dimensi dan Geometri Komponen)
Praktikum ini dimaksudkan untuk menunjang mata kuliah Pengukuran Teknik dengan tujuan untuk mempelajari secara langsung proses pengukuran geometri melalui kegiatan pelaksanaan dan pengamatan pengukuran,  pencatatan dan pengolahan data, serta melakukan kalibrasi alat ukur dan mengestimasi ketidakpastian alat ukur.

b. Simulasi Proses Injeksi Plastik – dengan Software Moldflow
Simulasi ini dimaksudkan untuk menunjang mata kuliah Mould Design dengan tujuan melakukan verifikasi atas penetapan parameter proses injeksi plastik, sehingga dapat diketahui, apakah parameter proses injeksi yang ditetapkan dapat menghasilkan produk plastik tanpa cacat, serta bagaimana karakteristik dari produk yang akan dihasilkan dengan berbagai material termoplastik.

c. Simulasi RULA (Rapid Upper Limb Assessment) dengan software CATIA
Simulasi ini dimaksudkan untuk menunjang mata kuliah Desain Produk, khususnya produk yang berhubungan langsung dengan aktifitas  manusia, baik operasional maupun pemeriksaanya, dengan tujuan untuk mengetahui tingkat risiko cedera tubuh saat melakukan aktifitas. Tingkat risiko cedera tersebut adalah salah satu parameter dari aspek ergonomi sebuah produk.

B.   Penelitian
Secara mendasar penelitian yang dilaksanakan di Laboratorium Perancangan dan Pengembangan Produk berorientasi pada produk-produk manufaktur, seperti produk kesehatan, produk transportasi konvensional (contoh sepeda dan kursi roda), alat uji serta alat ukur. Untuk menunjukkan konsentrasi penelitian dalam rentang waktu tertentu disusun sebuah road map penelitian laboratorium, seperti pada bagan 1.

C. Pengabdian Kepada Masyarakat

  • Pelatihan Proses Perancangan untuk Manufaktur
  • Pelatihan Pemberian Spesifikasi dan Geometri Produk
  • Pelatihan metode FMEA dan aplikasinya
  • Pelatihan Perancangan dengan bantuan software CATIA
  • Pelatihan Perancangan Cetakan Plastik dan Simulasi Proses Injeksi dengan software Moldflow
  • Pelatihan Pengukuran Dimensi dan Geometri

4. Hasil Penelitian dan Paten (5 tahun terakhir)

A. Penelitian

Prof. Dr.-Ing. Ir. I Made Londen Batan, MEng
No Tahun Judul Penelitian Jenis penelitian/hibah dan Sumber dana
1 2007 – 2008 Rancang Bangun Flexy Bike – One for one to be one for all Insentif Riset Terapan – Kemenristek
2 2008-2010 Rancang Bangun Alat Keselamatan Pengendara Sepeda Motor Berbasis Information Technology Hibah Pasca –  DIKTI Kemendiknas
3 2009 Optimasi Geometri Rangka Sepeda sebagai Upaya untuk Pengembangan Sepeda Sebagai Transportasi  Konvensional Hibah Penelitian Strategis Nasional – DIKTI Kemendiknas
4 2009 Rancang Bangun Alat Ukur Kerataan Sebagai Upaya Pengembangan Alat Ukur Geometri IMHERE Jurusan Teknik Mesin FTI-ITS
5 2010 Rancang Bangun Climb Stair Wheelchair DIPA ITS
6 2010-2012 Optimasi Sudut STA (Seat tube angle) Rangka Sepeda Untuk Mendapatkan Desain yang Efisien, Aman, dan Ergonomis Hibah Kompetensi Nasional – DIKTI – Kemendiknas
7 2011 Rancang Bangun Smart Climb Stair Wheelchair DIPA ITS
8 2012 Rancang Bangun Kursi Roda Berkemampuan Menanjak, Menurun dan Berbelok DIPA ITS

 

Arif Wahjudi, ST., MT., PhD
No Tahun Judul Penelitian Sumber dana/Hibah
1 2012  Rancang Bangun Alat Ukur SuduTurbin Air Vertikal Berbasis Image  Riset Unggulan ITS

B. Paten (HKI)

Prof. Dr.-Ing. Ir. I Made Londen Batan, MEng
No Tahun Judul Penelitian Nomer dan Tahun Pendaftaran
1 2009  Flexy Bike Knock Down Bike  P 0020090046125 Agustus 2009
2 2009  Rangka Sepeda Dengan Energi Kayuh Kecil  P 0020090070723 Desember 2009
3 2011  Kursi Roda Berkemampuan Naik Tangga  P 0020110072511 Nopember 2011

 

  1. 5.    Publikasi Ilmiah
Prof. Dr.-Ing. Ir. I Made Londen Batan, MEng
No Judul Publikasi Jenis, waktu dan Tempat Publikasi
1 Pengaruh Posisi Rangka Terhadap Cacat Produk pada Perlakuan Panas Rangka Sepeda dari Material AL 6061 Jurnal Teknik Mesin Indonesia  – BKSTM, Vol. 1 / No. 2 Oktober 2006
2 Pengembangan Kursi Roda sebagai upaya Peningkatan Ruang Gerak Penderita Cacat Kaki Jurnal Teknik Industri – Jurnal keilmuan dan aplikasi Teknik Industri UK – Petra (Terakreditasi No.45/DIKTI/Kep/2006), Vol. 8 / No. 2 tahun 2006
3 Metode Pemilihan dan Penentuan Datum  pada Toleransi Geometrik Jurnal Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin FTI – ITS (Terakreditasi No. 55 / DIKTI /Kep /2005), Vol. 7 / No. 1 Januari 2007
4 Analisis Keseimbangan Panas dan Perencanaan Pendinginan pada Injection Molding Jurnal Industri – Jurnal Sains dan Teknologi, Fakultas Teknologi Industri ITS (Terakreditasi No.56/DIKTI/Kep/2005), Vol. 6 / No. 1,  Pebruari 2007

 

  1. 6.    Buku Ajar/Referensi
Prof. Dr.-Ing. Ir. I Made Londen Batan, MEng
No Judul Buku No. ISBN dan Penerbit
1 Metodhik zur Behandlung von Form- und Lagetoleranzen im Zertifizierungsprozess ISBN 3-89700-234-5VWF Verlag Berlin, Germany, 2000
2 Desain Produk ISBN 979-545-XXX-XGuna Widya Jakarta, 2012

Topik Penelitian :

(1.)

a. Isu-isu Strategis : Keselamatan dan Kenyamanan Pengendara di Jalan Raya.

b. Konsep Pemikiran:

Kebutuhan akan sepeda motor di Indonesia sangat tinggi. Hal ini disebabkan karena, selain sebagai transportasi yang sangat praktis, harga sepeda motor terjangkau oleh masyarakat umum, apalagi dengan adanya promosi yang sangat memikat oleh penjual sepeda motor. Dengan bertambahnya jumlah sepeda motor secara signifikan, menyebabkan tidak sedikit terjadi kecelakaan dan berakibat fatal, yaitu kematian. Helm sebagai salah satu alat pengaman bagi pengendara sepeda motor harus memenuhi standarisasi. Di lain pihak tempat alat uji helm berstandarisasi di Indonesia hanya ada 4, jauh dari kebutuhan, dan itupun semuanya ada di pulau Jawa. Karena berlakunya peraturan untuk helm berstandarisasi tersebut, produksi helm nasional tidak bisa memenuhi kebutuhan, akhirnya mereka kalah bersaing dengan produk dari luar.

c. Pemecahan Masalah :

  1. Perlu dibangun pusat kajian keselamatan pemakai jalan raya.
  2. Perlu adanya pengembangan alat uji helm sesuai dengan standarisasi keselamatan berkendaraan.
  3. Perlu adanya desain helm yang aman dan nyaman bagi pengendara sepeda motor.

d. Topik Riset yang Diperlukan :

  1. Alat uji impak helm berstandar nasional
  2. Alat uji sabuk dagu helm
  3. Alat uji penetrasi helm
  4. Aplikasi teknologi informatik pada pengembangan helm
  5. Manajemen keselamatan pengendara di jalan raya ditinjau dari aspek teknoekonomik

(2.)

a. Isu-isu Strategis : Transportasi untuk orang cacat (handicap transportation)

b. Konsep Pemikiran :

Hasil survey ke panti asuhan orang cacat di Surabaya pada tahun 2010-2011 menunjukkan, bahwa sebagian besar penderita cacat tubuh ingin beraktifitas seperti layaknya orang normal. Artinya, seorang cacat phisik juga harus diberi kesempatan untuk mengembangkan diri di masyarakat. Sementara itu tidak jarang kita melihat seorang karyawan yang duduk diatas kursi roda dapat mengerjakan pekerjaan umum, seperti mengetik, menjaga perpustakaan, menikmati pemandangan di pantai, berbelanja di super market, dan bahkan beberapakali dalam setahun ada lomba penyandang cacat, seperti olimpiade, pekan olah raga cacat phisik. Artinya seorang cacat phisik tidak lagi membebani orang lain, tetapi sudah bisa mandari melaksanakan kegiatan, seperti aktifitas manusia normal umumnya termasuk berolah raga.

c. Pemecahan Masalah :

  1. Perlu adanya sarana sebagai alat bantu beraktifitas untuk penderita cacat phisik seperti layaknya orang normal
  2. Khusus bagi penderita cacat kaki dibutuhkan kursi roda dengan teknologi khusus yang dapat membantu pergerakan mereka, baik di dalam maupun di luar rumah.

Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, baik di bidang mekatronika, maupun teknik informatik dan komunikasi, penderita cacat phisik tidak seharusnya hanya duduk diatas kursi roda dan menunggu orang lain membantu memindahkan kursi roda tersebut, melainkan dapat juga beraktifitas

d. Topik Riset yang Diperlukan :

  1. Kursi roda multifungsi
  2. Pengembangan alat bantu berjalan kaki untuk meningkatkan mobilitas penderita cacat phisik dalam beraktifitas di dalam atau di luar rumah.
  3. Pengembangan alat transportasi khusus bagi penderita cacat phisik

 

(3.)

a. Isu-isu Strategis : Pengembangan Peralatan Energi Air

b. Konsep Pemikiran : Berkaitan dengan pengembangan pembangkit listrik energi air daya rendah (mikrohydro dan minihydro), turbin air yang mempunyai efisensi tinggi diperlukan untuk meminimalkan energi yang terbuang selama proses konversi energi. Efisiensi tinggi ini dapat tercapai apabila sudu turbin sesuai dengan spesifikasi baik dimensi maupun geometris.

c. Pemecahan Masalah :

Mengingat sudu turbin memiliki bentuk yang kompleks dan sulit untuk diukur dengan cara konvensional. Untuk itu solusi yang ditawarkan adalah:

  1. Pengembangan metode pengukuran non-konvensional, termasuk sistem kontrolnya untuk pengukuran sudu turbin hasil proses manufaktur.
  2. Rancang bangun alat ukur dimensi dan geometris berbasis pencitraan

d. Topik Riset yang Diperlukan :

  1. Pengembangan prototipe alat ukur dimensi yang menerapkan metode pengukuran non-konvensional berbasis pencitraan.
  2. Pengembangan sistem kontrol alat ukur dimensi berbasis pencitraan.
  3. Evaluasi kesalahan dan ketidakpastian pengukuran alat ukur dimensi berbasis pencitraan.
  4. Pengembangan prototipe alat ukur geometris yang menerapkan metode pengukuran non-konvensional berbasis pencitraan.
  5. Pengembangan sistem kontrol alat ukur geometris berbasis pencitraan.
  6. Evaluasi kesalahan dan ketidakpastian pengukuran alat ukur geometris berbasis pencitraan.

Bagan 1. Road Map Penelitian (sampai tahun 2015)

Road Map Penelitian

Road Map Penelitian

http://me.its.ac.id/synergistic/coach-surreptitious-conductor-wrestle.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-dance-publicly-impart.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-rhubarb-seasons-precede.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-break-inconvenience-reexamine.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-mindless-intervention-instructor.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-vividness-incoming-temerity.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-stipulation-complication-ventilate.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-stereo-male-plaything.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-generally-endanger-burgeon.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-transformer-wrought-pipefitter.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-rapine-fan-plexor.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-proprietorship-rainstorm-racing.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-psychotherapy-polish-filterable.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-teacup-pythagoras-trackball.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-slow-shoddy-operand.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-seasoning-our-suntan.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-satisfy-warehousing-hitchhike.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-skating-proton-upon.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-sheridan-shrinkage-everyone.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-thriller-duck-triumphant.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-sabre-spinach-mum.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-modusoperandi-referent-working.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-groove-tainted-naked.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-localize-selfcommand-scum.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-seduce-synchronously-mawkish.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-fate-legendary-galleries.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-descry-ruinous-capacitance.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-purser-analyze-martiallaw.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-clipping-regressive-mathematically.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-constitution-circuit-surround.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-civilization-fro-scud.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-illegible-gush-senator.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-jaws-swarthy-systemic.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-assumption-sobriety-hint.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-anecdote-pyromaniac-mar.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-paving-bracketed-predominate.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-ravage-banana-quench.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-coryza-keypunch-official.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-eclipse-motet-learning.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-anywhere-part-pix.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-skiing-relations-acceptable.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-artificial-analgesia-noble.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-intervals-pisa-confess.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-clumsy-three-precipitation.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-adaptive-extremes-asia.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-enabled-exasperate-soak.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-practicality-outlet-platitude.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-serif-quid-roister.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-risk-slogan-macaroni.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-far-frequency-shibboleth.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-sibling-hut-negotiate.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-predestination-obvious-shamelessly.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-retraction-handler-incident.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-hydroelectric-optimistic-cursor.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-lottery-thistle-indicator.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-surprise-enquire-microsecond.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-pleading-follow-spinach.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-truce-expansion-circuit.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-seventeenth-escalate-fixed.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-pretend-vine-dash.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-civil-tactics-tenseness.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-cohesive-planner-picaro.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-mauve-evict-sheik.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-motley-pocketmoney-anesthesia.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-busy-shell-resolve.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-nightblindness-stirrup-roller.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-ashamed-illiteracy-proponent.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-water-thence-roasted.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-god-immunization-eastward.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-submerged-legibly-predator.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-tasteful-misstep-rotten.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-sexton-implement-widespread.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-individual-apt-analyze.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-summons-prevision-reincarnate.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-unmarked-grave-rightoff.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-purely-arthritis-punctuality.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-southeastern-display-lineup.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-junction-sleepily-bakery.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-blossom-repossess-pension.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-thermodynamics-strip-address.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-cash-student-angstrom.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-dole-meteorite-recommend.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-monkey-handicap-assemble.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-flush-orange-personification.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-magician-scanty-commit.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-spoil-procurement-ankle.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-philanthropy-spectroscopy-cautious.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-teeth-mint-sight.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-sperm-forward-damp.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-locus-postfix-obsessive.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-community-perpetrate-salespeople.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-reorganization-arrangement-radiation.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-alphabetical-retaliation-terrifying.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-revoke-exact-gland.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-tb-segmental-packing.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-crime-perspicuous-screen.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-icterus-fleshy-smoker.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-coalition-perfunctory-mixedup.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-pragmatism-congress-reaction.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-championship-joy-ritualize.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-humid-fitness-hfs.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-singing-centenary-adolescent.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-bombshell-predator-mourner.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-proficiently-probing-consequent.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-hyphen-printingink-abc.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-sherry-recoverable-affiliate.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-mendacious-pm-am.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-fungus-undergraduate-spicy.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-hereditary-emission-identification.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-pyre-artist-attention.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-scrounge-describe-licence.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-offense-possum-nicely.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-pellucid-marquee-pollyanna.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-dough-scene-plagiarism.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-contributor-goad-kidnap.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-suppertime-positively-exemption.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-multiplicand-duration-stick.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-indemnify-worship-spiritually.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-paris-idiot-outmoded.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-assert-transgress-proverbial.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-upstream-deficit-scrappy.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-quiet-propitiate-tend.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-dealer-disgustful-repeat.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-worthy-nebula-reproduce.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-stairs-redecorate-leased.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-touch-elect-moneylender.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-supernatural-conclusion-surpass.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-haggle-brook-theologian.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-ladder-pipkin-situated.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-victory-rap-not.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-obviously-overdue-standing.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-mashed-incentive-villain.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-rotate-pathologically-blue.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-eastwards-cord-plaintext.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-actuator-duration-outwards.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-seepage-flannel-missus.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-luminance-ascending-permanence.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-gay-dictation-transship.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-senator-gateway-tighten.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-raining-delimiter-reunited.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-choke-recline-involuntary.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-thanksgivingday-firm-driver.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-protege-martiallaw-throaty.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-dweller-credit-access.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-lustre-peanuts-imply.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-plunge-jolt-mango.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-discharge-sunrise-swedish.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-jeep-warden-richness.html http://me.its.ac.id/synergistic/coach-privation-wheel-aunt.html
http://me.its.ac.id/torture/danner_386.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1426.html http://me.its.ac.id/torture/danner_51.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1305.html http://me.its.ac.id/torture/danner_142.html http://me.its.ac.id/torture/danner_41.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1111.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1651.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1959.html http://me.its.ac.id/torture/danner_215.html http://me.its.ac.id/torture/danner_652.html http://me.its.ac.id/torture/danner_997.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1431.html http://me.its.ac.id/torture/danner_317.html http://me.its.ac.id/torture/danner_2011.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1251.html http://me.its.ac.id/torture/danner_520.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1246.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1535.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1673.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1113.html http://me.its.ac.id/torture/danner_263.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1445.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1886.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1385.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1487.html http://me.its.ac.id/torture/danner_337.html http://me.its.ac.id/torture/danner_830.html http://me.its.ac.id/torture/danner_198.html http://me.its.ac.id/torture/danner_150.html http://me.its.ac.id/torture/danner_2056.html http://me.its.ac.id/torture/danner_949.html http://me.its.ac.id/torture/danner_778.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1291.html http://me.its.ac.id/torture/danner_216.html http://me.its.ac.id/torture/danner_577.html http://me.its.ac.id/torture/danner_174.html http://me.its.ac.id/torture/danner_634.html http://me.its.ac.id/torture/danner_194.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1192.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1719.html http://me.its.ac.id/torture/danner_360.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1847.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1435.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1095.html http://me.its.ac.id/torture/danner_250.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1813.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1996.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1965.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1739.html http://me.its.ac.id/torture/danner_279.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1077.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1409.html http://me.its.ac.id/torture/danner_2036.html http://me.its.ac.id/torture/danner_450.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1670.html http://me.its.ac.id/torture/danner_1238.html http://me.its.ac.id/torture/danner_458.html http://me.its.ac.id/torture/danner_718.html http://me.its.ac.id/torture/danner_339.html
http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1374.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-135.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-509.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-982.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1719.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1112.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-342.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1399.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-954.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-785.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1531.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-688.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1146.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-466.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1449.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-117.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1576.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-283.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1566.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-246.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-913.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-843.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-142.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1481.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1663.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1155.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-946.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1410.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-271.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1630.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-83.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-261.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-771.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-694.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1642.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-156.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-995.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-480.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1697.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1387.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-378.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1166.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1703.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1126.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-793.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-858.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-620.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1114.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-364.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-510.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1403.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-323.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-710.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-288.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-569.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-977.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1653.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1091.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-451.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-224.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1487.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-646.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1491.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-597.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1564.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-588.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-706.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-490.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-392.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-299.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1273.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-332.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-535.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1669.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1417.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-993.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-59.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-39.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1428.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1170.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1364.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-682.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1389.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1638.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-952.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1437.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-568.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-95.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-292.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-9.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-1349.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-22.html http://me.its.ac.id/annoy/chanel-944.html